10 Cara Mudah Berolahraga Untuk Orang Sibuk | TopKarir.com

10 Cara Mudah Berolahraga Untuk Orang Sibuk

10-08-2016 02:40:28

Terkadang bekerja dari jam 9 sampai jam 5 sehari atau kehidupan sosial lainnya membuat kita tidak ada waktu untuk berolahraga. Kita menghabiskan banyak waktu untuk duduk dikantor, sehingga otot-otot kita tidak mendapat gerakan berarti untuk membuatnya lebih bugar. Mungkin sebagian dari kita menginginkan secara rutin ke gymnasium, namun hal itu hampir mustahil! Namun ada beberapa cara mudah berolahraga: kita hanya perlu menyisihkan waktu kita sekitar 20 atau 30 menit setelah bangun tidur, atau sebelum tidur dengan beberapa latihan sederhana yang dibutuhkan oleh tubuh kita 

 

1. Peregangan

rona.metrotvnews.com

Selalu mulai latihan Anda dengan peregangan untuk menghindari adalanya kram otot. Hal ini juga untuk mempersiapkan tubuh Anda beradaptasi untuk latihan yang akan Anda lakukan. Regangkan tangan Anda ke atas dan diatas kepala. Jangan lupa melalukan gerakan memutar leher untuk membuat tubuh Anda lebih siap dalam gerakan selanjutnya.

 

2. Menekuk lutut

duniafitnes.com

duniafitnes.com

Ini adalah bentuk gerakan pegerangan untuk kaki Anda. Letakkan satu kaki ke belakang dan satunya lagi di depan. Pastikan kaki depan ditekuk 90 derajat dan kaki belakang pada posisi lurus. Tahan posisi ini selama sepuluh kali hitungan, lalu pindah posisi kaki Anda. Ulangi langkah ini sebanyak 10 kali, kemudian Anda dapat beralih ke gerakan selanjutnya.

 

3. Squats

Squats membantu mengencangkan otot paha dan persendian bagian bawah. Squats dilakukan dengan berdiri meregangkan kaki, punggung pada posisi lurus, kedua tangan di belakang leher dan tekuk lutut ke bawah secara perlahan-lahan. Tahan posisi ini selama 10 detik, lalu tegakkan tubuh Anda. Lakukan gerakan ini sebanyak 10 kali sebelum beralih ke gerakan berikutnya!. Jangan lupa untuk tetap menjaga punggung Anda tetap lurus ketika posisi turun.

 

4. Crunches

flattummydiet.net

flattummydiet.net

Crunches seperti melakukan sit-up, namun lebih baik. Crunches sangat mirip dengan sit-up, namun bukannya mengangkat seluruh punggung Anda dari lantai, Anda hanya mengangkat punggung bagian atas. Jika Anda mengangkat secara penuh, maka ini adalah gerakan sit-up, bukan crunches. Gerakan ini mengisolasi (menekan) otot perut tanpa melibatkan otot pada panggul Anda. Pastikan bawah Anda membuat bentuk V antara dada dan paha Anda sebelum Anda berbaring kembali. Ulangi gerakan ini 10 kali, kemudian baru beralih ke gerakan berikutnya.

 

5. Push-Up

infosehatonline.com

infosehatonline.com

Ada banyak cara untuk dapat melakukan push-up, namun kita harus mulai dengan gerakan push-up dasar. Gerakan ini dilakukan dengan Posisi awal tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan kiri badan. Lalu badan dorong ke atas dengan kekuatan kedua tangan. Posisi kaki dan badan tetap lurus atau tegap. Setelah itu, badan diturunkan dengan tetap menjaga kondisi badan dan kaki tetap lurus dan badan turun tanpa menyentuh lantai atau tanah. Ulangi setidaknya 10 kali, dan menambahkan 5 kali gerakan agar lebih terasa manfaatnya.

 

 

Olahraga yang Dapat Anda Lakukan di Kantor

Jelas untuk melakukan push-up di tengah kesibukan kantor adalah tidak mungkin, namun ada jenis latihan olahraga lainya yang masih bisa kita lakukan! Selain berjalan kaki atau naik sepeda untuk pergi ke kantor, berikut 5 latihan olahraga ringan yang dapat anda lakukan ketika berapa di meja kantor Anda!

 

1. Memutar Engkel (Sendi Kaki)

rsudbrebes.com

rsudbrebes.com

Anda dapat melakukan ini sambil duduk, dengan kaki diregangkan atau ditekuk di bawah Anda. Mulailah dari kanan dengan melalukan putaran ke dalam. Putar pergelangan kaki selama 20 detik, kemudian putar balik ke arah laur. Lakukan gerakan yang sama untuk kaki kiri, Anda dapat melakukan gerakan sebanyak yang Anda inginkan.

 

2. Peregangan Kaki

reps-id.com

reps-id.com

Duduklah di tepi kursi dan angkat salah satu kaki Anda pada membentuk sudut 90 derajat dengan tubuh Anda. Pastikan Anda juga duduk dalam posisi tegak!. Pegang kaki Anda 10-20 detik, kemudian lakukan pada bagian kaki yang lain. Ulangi gerakan ini sebanyak 20 kali. Anda bahkan dapat melakukan gerakan ini saat Anda mengetik dokumen, atau membuka Facebook! (saran: jangan membuka Facebook di tempat kerja!)

 

3. Sit-up Perut

portal.cbn.net.id

portal.cbn.net.id

Duduk atau berdiri dengan punggung lurus dan posisi bahu dibelakang. Dengan nafas yang stabil, kencangkan otot perut dengan menarik perut Anda, dan tahan selama 5 detik, kemudian relaksasi selama 5 detik. Ulangi gerakan tersebut sebanyak yang Anda perlukan. Membentuk otot perut dapat membantu mendapatkan bentuk otot perut impian Anda.

 

4. Spider Climb

Letakkan tangan Anda ke dinding dan gunakan jari-jari Anda, kemudian membuat gerakan naik dan turun di dinding. Pastikan bahwa Anda “menggerakkan” lengan Anda sejauh yang Anda bisa, kemudian bergerak ke bawah serendah mungkin untuk meregangkan bukan hanya lengan, tetapi juga jari-jari dan pergelangan tangan. Hal ini juga membantu melawan carpal tunnel syndrome serta nyeri apapun dan nyeri pada siku atau bahu.

 

5.  Berjalan

www.huffingtonpost.com

www.huffingtonpost.com

Berjalan adalah latihan dimana dapat melatih kerja seluruh otot di tubuh Anda. Saat Anda berjalan, jagalah punggung Anda tetap lurus dan ayunkan tangan secara rileks. Anda dapat melakukan berjalan lurus, naik dan turun tangga. Jika kantor Anda berada di lantai atas, mulailah dengan berjalan melewati tangga beberapa lantai untuk menuju kantor Anda.

Siapa bilang Anda perlu membayar untuk keanggotaan gymnasium agar tetap sehat? Cobalah latihan sederhana ini dan tetap fit. Lakukan cara mudah berolahraga ini setidaknya 2 atau 3 kali dalam seminggu, dan Anda akan rasakan.

 

Sumber : http://www.halomoney.co.id/blog/10-cara-mudah-berolahraga-untuk-orang-sibuk


tutup
Registrasi berhasil

tutup