3 Hal yang Harus Diingat Sebagai Anak Magang | TopKarir.com

3 Hal yang Harus Diingat Sebagai Anak Magang

02-08-2017 11:31:30

Masa magang tentunya memiliki pengalaman yang berbeda. Pengalaman yang akan didapatkan adalah hasil jerih payah kamu selama mengikuti proses magang. Kamu harus menyadari bahwa proses magang merupakan batu pijakan awal dalam karir kamu. Semuanya akan ditentukan dari magang. Kalau saja kamu gagal dalam magang kamu, maka kamu akan merasakannya dikemudian hari.



Dalam magang kamu bisa menentukan dan mengukur masa depan pekerjaan kamu. Kamu bisa sadar tentang kapasitas kamu dalam pekerjaan. Untuk itu setelah lulus nanti kamu juga akan berpikir bahwa memulai pekerjaan awal bukan dari besarnya nilai gaji yang akan kamu terima. Fokuslah terhadap apa yang akan kamu kerjakan di masa magang karena masa depan kamu yang menentukan diri sendiri bukan dari hasil penilaian kamu dari hasil kerja orang lain. Berikut adalah cara-cara untuk meraih kesuksesan dalam masa depan yang bisa dilakukan pada masa magang atau internship atau on-the –job training.



Ingat Waktu



“80% kesuksesan yang kamu raih adalah ketika kamu datang“~ Woody Allen

Kamu harus menyadari dengan kedatangan kamu selama proses magang adalah 80% adalah kesuksesan. Maksudnya adalah kamu harus menyadari, kamu datang ke tempat magang kamu itu bukanlah sekedar formalitas atau mencari sensasi kerja yang sekedar menjadi follower . Kamu datang ke tempat magang itu adalah belajar sekaligus praktek kerja. Usahakanlah kamu datang tepat waktu dan selalu fokus dalam penggunaan waktu kerja. Kamu memang berhak bertanya tentang status kamu yang bukan karyawan tetap, dan kenapa mesti kerja dengan penuh semangat? Itu semua adalah pemikiran yang salah. Kamu seharusnya bersyukur diberikan kesempatan magang sehingga jika nanti bekerja sudah terbiasa dengan aktifitas kerja.



Hormati Seluruh Anggota Tempat Magang




Terbiasakan menggunakan  rumus 3 S (Senyum,Sapa,dan Santun). Kamu harus membiasakan diri dengan 3 S. Tujuannya adalah kamu dapat mempererat tali kekeluargaan di tempat magang kamu tersebut. Artinya kamu bisa beradaptasi dan sudah siap untuk menjalani realita kehidupan bekerja.



Jangan Manfaat Wifi



Sahabat TopKarir harus sadar, kalau perusahaan memberikan koneksi internet itu untuk memperlancar komunikasi yang berhubungan dengan bisnis perusahaan. Sahabat TopKarir harus tetap fokus dalam mengerjakan pekerjaan bukan asyik untuk membalas komentar di media sosial atau fasilitas chatting. Kamu bisa melakukannya pada jam istirahat makan siang. Perlu kamu ingat, supervisor magang kamu akan selalu memantau hasil akhir pekerjaan di setiap harinya. Bisa paham mana saja tugas yang belum kamu kerjakan. Untuk itu hindarilah untuk berbohong atau memanipulasi hasil akhir.

 

  

 


tutup
Registrasi berhasil

tutup