4 Cara Jitu Lulus Probation | TopKarir.com

4 Cara Jitu Lulus Probation

13-05-2019 09:13:09

Ketika HRD memanggil kamu untuk kedua kalinya, tentunya kamu sangat bahagia. Bisa saja hal tersebut karena kamu sudah melihat ada selembar kertas kontrak untuk masa probation atau masa percobaan. Biasanya lamanya masa probation antara 3 atau 6 bulan, tergantung dari kebijakan HRD dan atasan kamu. Kamu bisa kok lulus probation dengan cara mengikuti tips berikut ini. 

 

Selalu Tepat Waktu

 

Kamu harus bisa datang ke kantor dengan tepat waktu. Siasatnya adalah kamu harus mempelajari 4 rute yang berbeda di hari kerja. Tujuannya adalah untuk mengetahui rute mana yang tercepat untuk sampai di kantor kamu. Selain itu kamu juga harus bisa dan rela untuk berangkat pagi. Usahakan 30 menit sebelum waktu mulai bekerja.

 

Berjiwa Professional

 

Sahabat TopKarir harus bisa memiliki jiwa profesional dalam menyelesaikan pekerjaan. Dalam masa probation kamu akan selalu dalam penilaian dari atasan kamu. Jadi usahakan untuk mengerjakan segala sesuatu dengan optimal, kalau ada yang belum mengerti coba tanyakan kembali masuk dan tujuan tugas yang diberikan.

 

Tanamkan Sifat Jujur

 

Dalam memulai pekerjaan, kamu harus berani untuk jujur. Jujur disini artinya kamu harus mengatakan kemampuan kamu. Jika kamu belum mampu, mintalah petunjuk untuk menyelesaikannya dan jalankan dengan teliti dan detail. Jika diperlukan catat seluruh cara untuk menyelesaikan pekerjaan yang kamu anggap susah.

 

Nyalakan Sensor Insiatif Kamu

 

Insiatif atau respon cepat terhadap pekerjaan, kamu harus mulai nyalakan. Artinya kamu harus bisa mengerti apa saja yang harus dikerjakan. Baca dengan detail petunjuk dan panduan kerja yang ada disana. Perhatikan juga KPI yang harus kamu capai dalam masa percobaan. Kamu juga wajib berkoordinasi dengan atasan kamu. Jangan kamu mencoba menjalankan pekerjaan berdasarkan ilmu dan teori yang kamu dapat di sekolah. Tanyakan atasan kamu, karena mereka jauh lebih mengerti tentang segala seluk-beluk pekerjaan dan perusahaan.

 

Nah, sudah percaya diri kan buat jadi karyawan tetap? Ayo Sahabat TopKarir, kamu pasti bisa lulus probation. Mau liat banyak lowongan pekerjaan yang seusai dengan kamu? Boleh banget buka yuk wwww.topkarir.com

  


tutup
Registrasi berhasil

tutup