4 Cara Mengatur Uang Untuk Fresh Graduate | TopKarir.com

4 Cara Mengatur Uang Untuk Fresh Graduate

09-08-2019 16:21:34

 

Baru lulus dan mendapat pekerjaan baru? Kalo iya, kamu baru aja menikmati gaji dari pekerjaanmu. Biar gajimu sebagai fresh graduate gak dihamburkan untuk keperluan yang gak penting, mending menabung dari sekarang. Kalau kamu masih kesulitan menabung dengan gaji fresh graduate, tenang aja ini dia tips jitu biar duit mu gak menguap begitu saja. Yuk disimak ya!

 

  • Kurangi jajan

Jajan yang dimaksud yaitu dalam bentuk makan siang di kedai makan mahal bersama rekan kerja. Umumnya, sebagai pegawai baru kadang memang sering tidak berani menolak ajakan makan siang mewah oleh senior kita di kantor. Bentuk jajan lainnya bisa dalam kebiasaan nongkrong semasa kuliah yang masih terbawa hingga kini. Mulai kurangi deh kedua bentuk jajan di atas lalu menukarnya dengan gaya hidup lebih hemat seperti memasak sendiri.

 

  • Catat pengeluaran

Pengeluaran seorang fresh graduate tentu lebih banyak dari mahasiswa, nah kamu bisa menggunakan aplikasi catat keuangan atau sesimpel mencatatnya di buku. Dengan mencatat, kamu jadi tahu nih untuk apa saja pendapatan kita selama ini dihabiskan. Selain itu, catatan bisa dijadikan pengingat jika terjadi transaksi utang-piutang antara kita dengan orang lain. Oh iya, mencatat juga dapat dijadikan acuan evaluasi finansial untuk lebih baik ke depan nya. 

 

  • Investasi setelah gajian

Uang tidak akan beranak pinak sebelum kamu coba untuk investasikan. Selain ditabung, gaji yang kamu peroleh bisa disisihkan untuk investasi. Investasi aat ini  mulai banyak jenisnya dan semakin anti ribet karena bisa dilakukan via online. Di samping memperkaya diri sendiri, kamu turut menciptakan kesejahteraan untuk UMKM di luar sana. 

 

  • Jangan mencicil barang

Hal ini dapat terjadi karena adanya beban bunga yang masuk ke dalam tagihan. Jangan mudah tergoda lapar mata dengan promo atau diskon saat kartu kredit sudah ada dalam genggaman. Mencicil barang juga berarti kita dalam keadaan berhutang pada pihak lain. Padahal, salah satu upaya mencapai financial freedom adalah terbebas dari hutang.

 

 

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan Sahabat TopKarir. Yuk simak tips lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!

 

 


tutup
Registrasi berhasil

tutup