KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Cara Sukses Presentasi

24 Maret 2021 20:03 7990 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Apa kalian pernah menghadiri seminar dan melihat pembicara yang sedang presentasi? Atau melihat bos kalian bisa presentasi dengan lancar? Pasti di benak kalian melakukan presentasi sebagus itu sangat sulit, Dapat berbicara saat presentasi dengan memukau, dan pada akhirnya mendapat apresiasi yang meriah dari peserta rapat . Kalau kalian tipe orang yang mudah gugup dan takut, presentasi di kantor bisa jadi hal yang sangat menakutkan.

 

Presentasi bukan hal yang harus kamu takuti Sahabat TopKarir, justru presentasi bisa kamu jadikan ajang untuk menunjukan kemampuan dan hasil kerja kerasmu. Kalau kamu masih takut dan ragu ikutin 5 cara sukses presentasi dari TopKarir! Yuk disimak:

 

  • Perhatikan PAL (Purpose, Audience, dan Logistic)

Perhatikan dengan baik purpose, audience, dan logistic. Mengetahui purpose atau tujuan presentasimu untuk apa? sebagai bagian dari test, membujuk orang lain, atau memberi informasi suatu hal.  Pelajari audience saat kamu presentasi, siapa audience kamu saat itu? dan Bagaimana mereka biasa bersikap? Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu hal-hal yang harus kamu organisir, mulai dari berapa menit kamu harus bicara, sampai keadaan ruangan tempat kamu presentasi.

 

  • Latihan Agar Kamu Terbiasa

Latih diri kamu secara terus menerus sebelum hari presentasi datang. Gunakan media seperti cermin atau alat perekam video dan lihat diri kalian sendiri jika berbicara. Kalau ada yang kurang perbaiki dan berlatih lagi. Karena dengan terus berlatih kamu akan terbiasa dan bisa membuatmu berbicara dengan lancar.

 

  • Kuasai Materi Presentasimu

Menguasai materi presentasimu adalah hal yang paling utama. Karena tujuan dari presentasi itu sendiri adalah menyampaikan informasi melalui materi yang kita bawakan. Pelajari materi presentasimu dengan detail. Jika ada pertanyaan dari atasan atau klien, kamu bisa terlihat menguasai dan dapat dipercaya.

 

  • Hindari Presentasi yang Membosankan

Saat Presentasi jangan sampai orang yang memperhatikanmu bosan dan ngantuk. Kalau mereka mengantuk, berarti ada yang salah dengan gaya presentasimu.            Mungkin materi yang kamu sampaikan monoton atau bisa juga karena cara bicara mu yang terlalu terpaku pada slide. Cobalah improvisasi saat presentasi dengan nada suara yang semangat agar suasana presentasi jadi lebih hidup.

 

 

  • Jaga Sikap

Sikap merupakan salah satu indikator penting untuk menentukan berhasil atau tidaknya presentasi kamu Sahabat TopKarir. Sikap  adalah hal yang paling utama dalam hal apapun, jaga sikapmu jangan sampai membuat orang lain punya penilaian buruk kepada kamu. Hindari posisi seperti menyilangkan tangan di dada atau istirahat di tempat, karena membuat kamu terlihat seperti sedang gugup.

 

Coba yuk ikutin tips-tips diatas, semoga bisa membantu kamu menghadapi presentasi Sahabat TopKarir. Buat kamu yang mau ngerasain deg-degan presentasi di kantor tapi belum dapet kerja, tenang aja www.topkarir.com punya banyak info lowongan kerja buat kamu.

Komentar