5 Hal Yang Harus Di Persiapkan Murid SMK Sebelum Masuk Dunia Kerja | TopKarir.com

5 Hal Yang Harus Di Persiapkan Murid SMK Sebelum Masuk Dunia Kerja

20-06-2019 20:17:53

Jika kamu berpikir bahwa hanya mereka yang lulusan perguruan tinggi atau sekolah tinggi saja yang bisa bekerja, maka kamu salah besar. Sebenarnya pemerintah sendiri sudah menyediakan sekolah menengah kejuruan yang membantu untuk bisa bekerja selepas kamu lulus. Namun ada beberapa hal yang mesti kamu pelajari lebih lanjut, apa saja itu? Yuk simak ulasannya ya!

 

  • Membuat lamaran, CV & berkas penunjang lainnya

Sama dengan para pekerja yang lain, semua dimulai dari proses mencari lowongan hingga membuat dan mengirimkan CV & lamaran kepada perusahaan.  Dari sinilah kamu harus proaktif mencari update terbaru tentang CV & lamaran yang bisa membantu HRD melirik pelamar dengan latar belakang pendidikan SMK. Dari CV & lamaran, HRD bisa melihat apakah seseorang tersebut benar-benar ingin melamar atau tidak.

 

  • Kemampuan berkomunikasi dengan banyak orang

Pada kenyataannya, di dunia kerja kamu tidak hanya dituntut untuk bekerja di antara tumpukan berkas atau di belakang laptop saja. Namun ada kalanya kamu akan menjadi sosok yang berbicara di depan umum. Memimpin team atau bahkan mewakili perusahaan berbicara di depan banyak orang. Tenang, hal ini bukan hanya bisa dilakukan oleh mereka yang aktif di organisasi saja. Kamu juga bisa fokus mempelajarinya dengan baik.

 

  • Mengembangkan passion

Dunia kerja justru tempat yang tepat untuk membantumu mengembangkan passion atau peminatanmu. Sebagai lulusan SMK bukan berarti kamu tidak boleh berkembang. Justru kamu memiliki banyak kesempatan untuk mencoba dan melakukan banyak hal yang kamu sukai.

 

  • Mempelajari jenjang karir yang bisa dijalani

Di SMK sudah banyak jurusan yang disesuaikan dengan tuntutan industri masa kini. Kamu bisa memilih akan menjadi dan manatapi karir sebagai apa. Kamu juga memiliki kesempatan yang sama untuk bisa sukses menjadi seorang dengan karir gemilang di masa mendatang lho.



Itu dia ulasannya Sahabat TopKarir. Yuk temukan tips lainnya di TopKarir ya & download aplikasinya!


tutup
Registrasi berhasil

tutup