KANDIDAT PERUSAHAAN

5 Masalah Kesehatan Akibat Makan Berlebihan Saat Berbuka Puasa

24 Maret 2021 20:03 Pembekalan Karir 5864 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Adzan Maghrib pasti jadi waktu yang ditunggu-tunggu saat berpuasa. Menjelang berbuka banyak makanan dan minuman yang ada di pikiran kita, rasanya ingin dinikmati semuanya. Padahal lambung kita terbatas untuk menampung makanan, alhasil makanan yang kita beli jadi mubazir dan nggak termakan. Selain mubazir, makan makanan berlebihan juga bisa mengganggu kesehatan lho.

 

Dikutip Tempo, Razeen Mahroof spesialis medis dari Oxford, Inggris memperingatkan agar tidak makan terlalu banyak saat berbuka puasa hingga menjelang sahur. Menurutnya, pesan penting saat Ramadan adalah disiplin dan mengontrol diri. 

Agar semakin bijak mengontrol diri, kamu perlu tahu nih, apa aja sih masalah kesehatan yang ditimbulkan akibat terlalu banyak makan. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini yuk.

 

Begah / Perut tidak nyaman

Ketika kamu mengkonsumsi makanan melebihi kapasitas lambung, perut akan terasa penuh dan membesar. Terlebih kalau makanan yang kamu konsumsi termasuk yang berlemak tinggi dan kaya serat tentu akan lebih sulit dicerna dibandingkan jenis makanan lainnya. Akibatnya kamu akan merasakan begah dalam waktu yang lebih lama. Rasa begak akan menyulitkan kamu ketika melaksanakan solat, perut seperti tertahan dan terasa sangat tidak nyaman. Jadi supaya ibadah tetap lancar, makanlah sesudah kenyang ya, dan lengkapi makanan dengan sayur dan buah.

 

GERD

Ketika lambung terisi banyak makanan, bukan nggak mungkin makanan itu bisa menekan diafragma kamu. Kondisi ini bisa membuat kamu mengalami sesak napas dan napas yang dangkal. Lambung yang terlalu penuh juga bisa memicu makanan yang kembali naik ke esofagus atau kerongkongan. Dikenal dengan istilah GERD (gastroesophageal reflux disease).

Salah satu GERD adalah heartburn atau rasa nyeri pada ulu hati. Kondisi ini ditandai dengan rasa sakit atau panas seperti terbakar yang muncul di bagian dada bahkan bisa menjalar hingga ke leher.

 

Muntah

Kalau lambung kamu sudah nggak sanggup lagi menampung makanan yang terlalu banyak, bukan tidak mungkin bila akan dipaksa keluar oleh tubuh atau dikenal dengan istilah muntah. Ini disebabkan oleh aktivitas lambung yang terlalu berat dalam mencerna makanan.

 

Cepat mengantuk

Ketika berbuka nggak jarang kita lebih sering mengkonsumsi makan makananan dan minuman yang manis, untuk mengembalikan energi. Tapi nyatanya gula dan karbohidrat yang terlalu banyak dikonsumsi, bisa menyebabkan rasa kantuk yang tinggi. Aktivitas shalat bisa saja terganggu kalau sudah mengantuk, kamu akan malas mengerjakan shalat maghrib apalagi shalat tarawih. Jadi konsumsi makanan manis secukupnya saat berbuka dan makan makanan berat tinggi karbohidrat ketika selesai shalat sunnah tarawih.

 

Berat badan naik

Meski terasa sangat lapar menjelang berbuka, jangan biarkan nafsu membuat kamu nggak sadar sudah mengkonsumsi berbagai macam makanan. Mengendalikan nafsu bukan hanya saat puasa saja, tetapi juga saat berbuka. Kamu harus bisa mengontrol diri agar berat badan tidak naik saat bulan puasa yang juga akan mengganggu kesehatanmu.

 

Itu tadi 5 masalah kesehatan yang bisa muncul akibat terlalu banyak makan saat berbuka puasa. Yuk temukan tips-tips dan informasi karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya gratis di Play Store dan App Store!

Komentar