KANDIDAT PERUSAHAAN

6 Pelajaran Berharga Jika Bekerja di Luar Kota

24 Maret 2021 20:03 4825 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Kerja di luar kota, dan jauh dari orangtua? Kenapa tidak. Beberapa perusahaan juga mengatur penempatan kerja karyawannya, mau gak mau kamu harus siap hidup mandiri. Tapi kamu gak perlu khawatir, justru saat kamu bekerja di luar kota, kamu bisa belajar dan mendapat banyak pengalaman. Kalau masih ragu, coba deh simak 6 pelajaran berharga yang bisa diambil kalau kamu bekerja di luar kota.

 

 

  • Berani menghadapi resiko

 

Kamu akan lebih bertanggung jawab atas pekerjaanmu sehari-hari. Karenanya kamu bisa lebih berani mengambil resiko dan menentukan pilihan. Tentunya dengan mempertimbangkan baik buruknya.

 

 

  • Membentuk karakter yang kuat

 

Saat berhadapan dengan masalah, kamu akan mengeluarkan karakter kamu yang sebenarnya. Kamu akan sadar dengan sifat-sifat asli yang selama ini terpendam. Selain itu pribadimu akan diuji, apakah kamu berubah saat berhadapan dengan rekan dan lingkungan kerja, atau tetap menjadi diri kamu sebelumnya.

 

 

  • Membuka peluang karir

 

Saat tinggal dan bekerja di luar kota, kamu pasti akan bertemu dengan orang-orang baru. Relasimu akan semakin luas. Kamu akan bertemu dengan orang dengan latar belakang budaya dan sifat yang berbeda-beda, kemampuan adaptasimu juga akan bertambah.

 

 

  • Menjadi pribadi yang terbuka

 

Bertemu dengan orang baru, akan membuka pandanganmu. Kamu akan lebih terbuka menerima perbedaan di tengah pekerjaan, maupun lingkungan tempat kamu tinggal.

 

 

  • Menemukan keahlian lain

 

Kamu akan punya motivasi melakukan hal-hal yang tidak biasa, memasak contohnya. Saat jauh dari keluarga, mau tidak mau kamu harus bisa mengurus hidup sendiri, termasuk kebutuhan makanmu sehari-hari.

 

 

  • Manajemen finansial yang baik

 

Kamu juga bisa belajar mengatur keuangan dengan baik. Dari segi pengeluaran, bagaimana kamu mengatur hidup sehari-hari, makan, tempat tinggal, transportasi, sampai hiburan. Dengan pengalaman kamu tinggal di luar kota, kamu lebih bijak menata keuangan.

 

Itu tadi 6 pelajaran berharga yang bisa kamu ambil saat bekerja diluar kota. Semoga bisa membuat kamu yakin ya. Yuk temukan tips-tips lainnya seputar karir di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga

Komentar