KANDIDAT PERUSAHAAN

Cara Public Speaking Untuk Pemula

24 Maret 2021 20:03 4360 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Banyak orang-orang yang menganggap kalau berbicara di depan umum itu mudah. public speaking walaupun terlihat sangat mudah, namun tidak semua orang dapat berbicara di depan banyak orang. Jika kamu seorang pemula yang ingin belajar mengenai public speaking maka ada beberapa tips penting yang dapat kamu pahami serta ikuti. Tips-tipsnya adalah sebagai berikut.

 

  • Kuasai Materi

Saat akan berbicara didepan umum pastikan kamu menguasai materi yang akan dibahas. Menguasai materi adalah hal yang paling dasar jika kamu tidak menguasai materi itu sama saja dengan mempermalukan diri sendiri.

 

  • Menggunakan bahasa yang mudah dipahami

Menggunakan bahasa yang mudah dipahami tidak hanya berguna untuk sang pembicara tetapi juga untuk pendengar. Jadi jangan menggunakan bahasa-bahasa yang sulit untuk dipahami ya, sehingga para pendengar dapat mengerti dengan baik.

 

  • Berlatih di depan cermin

Cara yang paling efektif adalah berlatih berbicara di depan cermin dengan melihat diri sendiri saat berbicara maka kamu akan tahu dimana kesalahan-kesalahan kita saat berbicara cara ini juga bisa membuat percaya diri kita lebih tinggi.



  • Gunakan seni berbicara

Saat berbicara kamu harus tau dimana tempo untuk berbicara santai, cepat, lembut, keras, dan berhenti sejenak. Itu akan membuat para pendengar menjadi senang mendengarkan dan materi yang diberikan menjadi menarik.



  • Gunakanlah bahasa tubuh

Menggerakkan tubuh dapat membuat kamu lebih rileks dan rasa gugup pun bisa sedikit menghilang, menggunakan bahasa tubuh juga memberikan kesan kepada pendengar jika kamu tidak hanya menghafal materi yang ingin diberikan tetapi juga memahaminya dengan baik



Itulah tips tips yang bisa kamu lakukan, semoga tips-tips diatas dapat bermanfaat ya! Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya! 



.

Komentar