KANDIDAT PERUSAHAAN

Keterampilan yang Harus Dimiliki Seorang Social Media Officer

24 Maret 2021 20:03 9679 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 4 KALI DIBAGIKAN

Beberapa tahun lalu pekerjaan social media officer (SMO) masih belum dikenal, di era digital sekarang ini kehadirannya sangat dicari-cari. Profesi yang identik dengan kaum millennial ini umumnya bertugas untuk menarik perhatian dan mengenalkan sebuah brand sesuai target yang diinginkan. Namun pekerjaan seorang social media officer bukan sekedar “main medsos” aja lho. Mereka juga harus memikirkan strategi komunikasi yang efektif untuk mencapai tujuan perusahaan. Buat kamu yang berminat pada bidang ini sebaiknya simak dulu keterampilan apa aja sih yang harus dimiliki seorang social media officer? Berikut ulasannya.

 

 

  • Mampu membuat konten yang menarik dan efektif

 

Konten media sosial terbagi menjadi tiga bentuk, yakni teks, gambar, dan video. Seorang SMO harus bisa merancang konsep dan strategi konten agar menarik, sekaligus efektif sesuai target perusahaan.

 

 

  • Copywriting

 

Kemampuan menulis sangat dibutuhkan untuk menjadi seorang SMO. Kamu harus sering membaca untuk memperkaya pengetahuan dan kosa kata yang kamu punya. Sesuaikan juga gaya penulisan sesuai target audience yang berbeda-beda, baik umur, jenis kelamin, status ekonomi, maupun demografi

 

 

  • Kemampuan Customer service

 

Sekarang banyak orang yang menyampaikan keluhan dan bertanya tentang produk yang dikonsumsi melalui media sosial. Kamu harus cepat memberi tanggapan dan membantu permasalahan mereka, agar kepercayaan konsumen pada perusahaan tidak berkurang. Karenanya pengetahuan kamu tentang perusahaan sudah harus di luar kepala ya.

 

 

  • Trend knowledge

 

Tren media sosial dan berita selalu berkembang setiap harinya, nah kamu harus rajin mengamati tren yang ada. Tapi ingat ya tren yang diambil harus disesuaikan dengan perusahaan. Selain itu kamu juga harus merencanakan konten untuk tanggal-tanggal penting dan hari besar setiap bulannya.

 

 

  • Perencanaan kreatif

 

Ide bisa muncul kapan saja, supaya gak lupa kamu harus menyusun rencana. Kamu dituntut untuk peka terhadap situasi lingkungan untuk menciptakan ide-ide kreatif yang cemerlang.

 

 

Itu tadi 5 keterampilan yang harus kamu punya untuk menjadi seorang social media officer. Yuk temukan informasi dan tips-tips seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga.

Komentar