KANDIDAT PERUSAHAAN

Masih Ngantor di Tengah Wabah Corona? Ikuti Tips Sehat dan Aman Ini!

24 Maret 2021 20:03 5386 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 0 KALI DIBAGIKAN

Juru bicara Pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto per Kamis (26/03/2020) menginformasikan total kasus positif Covid-19 di Indonesia mencapai 893 orang. Data tersebut kian masif setiap harinya. Sebelumnya presiden Joko Widodo sudah menghimbau seluruh warga untuk melakukan social distancing sebagai cara pencegahan dan meminimalisir persebaran virus ini. Social distancing mengharuskan kita untuk menjaga jarak dengan orang-orang di lingkungan sekitar kita dengan cara bekerja di rumah, belajar di rumah dan beribadah di rumah. Jika memang mengharuskan diri untuk tetap keluar rumah, kita diharuskan menjaga jarak dengan orang lain sekitar 2 meter sebagai jarak aman penularan virus.

 

Salah satu penerapan social distancing adalah sistem kerja work from home yang sudah banyak diterapkan oleh perusahaan di dunia. Namun ada beberapa perusahaan dan pekerjaan yang belum atau tidak bisa menggunakan sistem kerja ini. Contohnya, teknisi mesin, dokter, perawat, apoteker, kasir swalayan, teller bank sampai pengemudi ojek online. Mereka sangat beresiko terkena atau menularkan virus. Nah, buat kamu yang masih harus pergi kerja di tengah wabah Corona, berikut tips agar tetap sehat dan terhindar dari virusnya.

 

Menghindari kerumunan

Dilansir Indozone, WHO telah menghimbau untuk menjaga jarak yakni minimal 1 meter dengan orang lain. Jika ada kerumunan di perjalanan menuju kantor, seperti di stasiun atau halte bus lebih baik menghindarinya dan mencari tempat yang lebih sepi. Berangkat lebih pagi atau pulang sedikit lambat untuk menghindari jam kerja yang super padat. Jika memungkinkan, kurangi penggunaan transportasi massal ya. Gunakan tangga darurat atau eskalator ketimbang harus berdesakan di dalam lift, malah lebih beresiko kan?

 

Menjaga kebersihan tangan

Ketika keluar rumah untuk pergi ngantor, jangan lupa mencuci tangan dan kenakan masker. Begitupun ketika kamu sudah sampai di kantor nggak ketinggalan bersihkan tangan juga ya! Selama perjalanan hindari menyentuh area mata, hidung dan mulut, bahkan menyentuh ponsel, ponsel bisa jadi sarang kuman juga lho! Buka pintu dengan mendorongnya menggunakan siku atau bahu.

 

Hindari kontak fisik secara langsung

Jika bertemu dengan rekan kerja di kantor atau saat meeting dengan klien, hindari bersalaman, gunakan alternatif lain dengan menyatukan dua telapak tangan sambil tersenyum. Jika harus mengadakan pertemuan atau meeting di suatu ruangan pastikan semua anggota sudah membersihkan tangannya ya. Sediakan disinfektan dan masker, buka sebagian kaca jendela agar udara segar bisa masuk.

 

Kurangi lembur

Buat kamu yang sering kerja lembur, mulai sekarang kurangi kebiasaan ini. Menjaga kesehatan tubuh dimulai dari menyadari kebutuhan untuk cukup beristirahat. Jangan forsir pikiran dan tenaga kamu ya, karena virus akan semakin mudah menyerang jika tubuh kita nggak sehat. Jika lelah lebih baik beristirahat dan pastikan daya tahan tubuh kamu selalu kuat dengan makanan dan gizi yang seimbang. Jika memang pekerjaan belum selesai, izinlah untuk pulang tepat waktu dan melanjutkan pekerjaan di rumah.

 

Bawa bekal makanan dan perbanyak minum air putih

Membawa bekal selain lebih hemat juga lebih sehat nih, dibanding membeli makanan di luar yang mengharuskan kamu pergi keluar kantor dan meningkatkan resiko terpapar virus. Lengkapi makanan yang bergizi dengan minum vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh tetap prima ya. Perbanyak minum air putih, jangan es kopi terus, saat seperti ini kamu harus lebih perhatian dengan kesehatanmu sendiri.

 

Itu tadi 5 tips menjaga kesehatan dan terhindar dari paparan virus Corona. Nah buat kamu yang belum bekerja atau sedang mencari kerja, mengingat kondisi yang tidak memperbolehkan kita keluar rumah dan ngantor, ada alternatif pekerjaan yang menjanjikan untuk kamu yang mau berkarir di bidang yang kamu banget nih, yakni Freelance. Bekerja freelance nggak menuntut kamu untuk bertemu dan mengerjakan tugas di kantor, semua bisa dilakukan di rumah dan dalam jangka waktu project yang lebih pendek. Yuk temukan lowongan kerja freelance yang sesuai dengan bidang keahlianmu di TopKarir Freelance. Tetap jaga kesehatan dimanapun kalian berada ya Sahabat TopKarir! #CariTahu tips-tips dan informasi karir lainnya yang bermanfaat buat kamu di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang ya!

Komentar