Menghadapi Konflik Permasalahan Dengan Rekan Kerja | TopKarir.com

Menghadapi Konflik Permasalahan Dengan Rekan Kerja

13-05-2019 09:36:22

Sahabat Topkarir, kalian pasti sudah merasa wajar tentang latarbelakang yang berbeda-beda pada rekan karyawan di lingkungan kerja. Tidak sedikit orang yang mengeluh dan menimbulkan masalah dilingkungan kerja lantaran adanya ketidaksamaan pendapat dan sifat pada rekan.

 

Ada hal yang perlu kamu ketahui agar semuanya selaras dan berjalan lancar, terutama komunikasi antar sesama rekan kerja agar kedepannya tidak terjadi konflik dan merugikan diri kita sendiri.

 

Bukalah Diri Kamu

 

Mendengarkan pendapat karyawan lain merupakan sikap keterbukaan kalian dilingkungan kerja, tanggapi dan hargai setiap pendapat orang lain. Jangan takut untuk bersikap jujur akan pendapat orang lain, berikan alasan yang sopan dan tegas jika merasa adanya perbedaan pendapat antar karyawan.

 

Berhenti Menceritakan Keluhan

 

Hal inilah yang harus dihindari dalam bekerja, mengeluh juga menggambarkan pribadi kita akan sikap kita yang tidak professional dalam bekerja. Mengeluh akan sesuatu boleh-boleh saja asal tidak melibatkan orang lain dan menimbulkan konflik antara pekerja lainnya.

 

Menghindari Konflik Antar Pribadi

 

Kita harus bersikap professional dalam menghadapi konflik personal yang kerap terjadi dilingkungan kerja. Dalam artian kalian harus bisa memisahkan antara masalah personal dan masalah pekerjaan tanpa melibatkan emosi, dan menghadapi setiap masalah dengan sudut pandang yang berbeda.

 

Menyelesaikan Masalah tanpa bergantung pada atasan

 

Kalian harus pandai dalam memilih keputusan untuk menyelesaikan setiap masalah yang muncul antar karyawan. Kamu tidak perlu selalu bergantung pada atasan akan masalah yang kamu hadapi, melibatkan atasan justru adalah pilihan buruk yang nantinya berujung pada membesarnya konflik dilingkungan kerja. Bicarakan baik-baik pada karyawan lain yang terlibat pada masalah kamu, selesaikan dengan professional dan jangan sampai masalah tersebut terdengar oleh atasan kita.

 

Meminta Mediasi

 

Mediasi sangat diperlukan jika konflik tidak dapat diselesaikan dengan baik, usahakan sebaik mungkin untuk meminta saran dari karyawan lain yang siap menjadi penengah akan konflik yang sedang kamu hadapi. Tentukan rekan kerja yang tepat menjadi mediasi agar tidak memihak pada karyawan lain.

 

Jangan Memicu Suatu Masalah

 

Setiap konflik yang terjadi bisa saja bukan berasal dari kamu, berhentilah menampilkan gerak yang mengintimidasi karyawan lain agar tidak adanya permasalahan antar karyawan. Jangan salahkan diri kamu sepenuhnya pada setiap permasalahan dan memilih untuk berhenti bekerja, selesaikanlah tanpa masalah tanpa melibatkan emosi dan jangan terlalu membela diri kamu.


tutup
Registrasi berhasil

tutup