KANDIDAT PERUSAHAAN

Merasa Stres dan Tertekan di Tempat Kerja? Waspada Burnout Syndrome!

24 Maret 2021 20:03 8176 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Pekerjaan apapun tentunya membutuhkan tanggung jawab, pengorbanan, baik waktu maupun pikiran. Tidak jarang orang yang kelelahan karena melupakan kondisi fisiknya, sedangkan pekerjaan terus berdatangan. Alhasil tekanan dan stres pun muncul, kondisi ini dikenal dengan burnout syndrome. Burnout berdampak pada kesehatan fisik maupun mental. Nah, untuk mengantisipasinya kamu perlu tahu tanda-tanda berikut ini.

 

 

  • Selalu merasa lelah

 

Pekerjaan yang menguras energi membuat fisik kamu harus kuat bertahan, apalagi di tengah kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini. Kelelahan tidak hanya lelah fisik, tapi juga mental dan emosional. Tetap jaga kesehatan ya Sahabat TopKarir kalau kelelahan, beristirahatlah.

 

 

  • Kurang motivasi

 

Kalau kamu sudah merasa malas dan sulit bangun pagi, kaki semakin berat melangkah ke kantor, itu jadi pertanda kamu kekurangan motivasi. Kamu sudah tidak antusias dengan rutinitas kantor dan lingkungan kerja, nah mulai hati-hati burnout melanda.

 

 

  • Kepuasan menurun

 

Burnout akan membuat kamu merasa kurang bahagia dan tidak puas dengan apa yang saat ini kamu jalani. Kamu selalu merasa kurang meskipun apresiasi datang.

 

 

  • Penurunan performa

 

Kelelahan dan kekurangan motivasi akan berdampak pada penurunan performa kerja. Buat kamu yang merasa hasil kinerjamu menurun bisa jadi kamu mulai mengalami burnout. Sebaiknya kembali fokus pada pekerjaan dan pikirkan hal-hal yang kamu sukai, agar performamu meningkat lagi.

 

 

  • Merasa sendiri

 

Orang-orang yang punya pergaulan luas bahkan saat burnout akan merasa terasing. Kamu akan menjauh dari lingkungan sosialmu, dan memilih menyendiri. Merasa paling terbebani dan sulit menyampaikan masalah pekerjaan ke orang lain. Saat hal ini mulai kamu alami sebaiknya selalu ingat bahwa hidup tidak sendiri, kamu bisa menceritakan segala permasalahan yang akan membuatmu merasa lebih baik.

 

Nah itu tadi 5 gejala yang bisa kamu antisipasi sebelum burnout mengganggu kesehatan fisik, mental, dan emosional kamu. Jika sudah terlanjur mengalaminya, segera periksakan kondisi fisikmu ke dokter dan mentalmu ke psikiater. Tetap jaga tubuh dan pikiranmu ya Sahabat TopKarir. Yuk temukan informasi dan tips-tips seputar karir lainnya di aplikasi TopKarir. Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga.

Komentar