KANDIDAT PERUSAHAAN

Merintis Karir Sebagai Account Executive, Keahlian Ini Wajib Dimiliki

24 Maret 2021 20:03 5606 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 1 KALI DIBAGIKAN

Jika kamu cermati, beberapa tahun belakangan ini tren dunia kerja semakin berubah mengikuti perkembangan industri. Mulai dari sistem perekrutan, tren pencari kerja, sistem kerja perusahaan, sampai bidang profesi yang tersedia. Account Executive adalah salah satu pekerjaan yang baru-baru ini jadi yang paling dicari perusahaan. Popularitas profesi ini di kalangan anak muda menjadikannya semakin diminati. Secara garis besar, Account Executive bertugas sebagai jembatan antara perusahaan dengan klien, sampai menghasilkan kerjasama yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Seorang AE bertanggung jawab membuat perencanaan, brainstorming, meeting, hingga budgeting. Tapi, sebelum kamu melamar pekerjaan sebagai seorang AE, cermati dulu 7 keahlian yang harus banget kamu punya di bawah ini.

 

 

  • Mampu melihat peluang besar bagi perusahaan

 

Seorang Account Executive harus bisa melihat potensi dari setiap situasi yang dihadapi. Ia dituntut untuk bisa memutuskan sebuah strategi yang berdampak besar bagi perusahaan saat ini dan kedepannya. Kalau kamu bisa menyeimbangkan kebutuhan klien dan perusahaan kamu sudah bisa dikatakan sukses jadi seorang AE.

 

 

  • Percaya diri dan public speaking yang baik

 

Jadi AE kamu bakal banyak kerja di luar kantor. Bertemu dengan klien sudah jadi “santapan” tiap hari, untuk itu diperlukan rasa percaya diri yang tinggi. Selain itu kamu juga dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan karakteristik klien yang berbeda-beda. Kemampuan berkomunikasi juga penting banget kamu kuasai. Perusahaan akan semakin mudah menjalin kerjasama melalui mantra berupa kata-kata yang bisa bikin klien percaya. Sebaiknya asah kemampuan public speaking kamu dari sekarang karena hal ini juga berguna untuk banyak pekerjaan.

 

 

  • Kemampuan persuasi dan negosiasi yang mumpuni

 

Rutinitas kerja seorang AE salah satunya adalah presentasi di depan klien. Dalam perjalanan karirmu sebagai AE meyakinkan klien untuk bekerjasama atau tertarik dengan produk perusahaanmu bukanlah tugas yang mudah, apalagi di tengah kompetitor produk serupa. Bukan AE namanya kalau gak lihai membujuk klien. Klien akan sangat teliti sebelum memutuskan kerjasama. Kamu harus pintar negosiasi dan teliti untuk menimbang setiap poin kerjasama agar perusahaan nggak merugi.

 

 

  • Bijak dalam mengontrol emosi

 

Semakin jauh jejak karir seorang AE tentu semakin berat juga tantangannya. Komplain dari klien bukan hanya datang sekali dua kali. Kamu harus sabar mengontrol emosi. Di hadapan klien kamu harus bertindak profesional meski banyak tipikal klien yang “ngeyel” dan banyak permintaan. Senyumin aja, dengan begitu tantangan ini bisa mengubah pribadi kamu menjadi lebih kuat.

 

Pekerjaan apapun memiliki tantangannya tersendiri. Untuk itu keterampilan tertentu perlu kamu kuasai. Dengan mengikuti perkembangan tren profesi dan mengasah keterampilan, kamu bisa menyesuaikan diri dengan berbagai profesi populer saat ini. Intinya keterbukaan terhadap informasi dan keinginan untuk terus belajar akan membawa kamu pada karir yang tinggi.  Lowongan Account Executive terbaru di TopKarir bisa kamu temukan disini. Informasi dan tips-tips karir lainnya yang berguna untuk kesuksesan karir kamu ada di aplikasi TopKarir. Yuk download aplikasinya di App Store dan Play Store kamu sekarang.

Komentar