Tips Agar Percaya Diri di Lingkungan Magang | TopKarir.com

Tips Agar Percaya Diri di Lingkungan Magang

10-05-2019 16:24:14

Biasanya saat kita pertama kali terjun ke lingkungan kerja magang, ada beberapa hal yang membuat kamu kurang percaya diri. Namun, tenang saja Sahabat TopKarir, kali ini ada beberapa tips untuk membangun rasa percaya diri kamu saat pertama kali berada di tempat magang. Inilah tips untuk membangun rasa percaya diri kamu :

 

Tersenyum

 

Jika kamu merasa gugup ketika beradaptasi dilingkungan yang baru, cobalah untuk tersenyum. Tersenyum dapat menimbulkan aura positif dalam diri kamu, sehingga kamu bisa melawan rasa gugup kamu dan membuat kamu lebih percaya diri. Selain itu, tersenyum juga menimbulkan kesan yang positif pada diri kamu dan juga pada orang lain.

 

Berpenampilan Rapi

 

Berpakaian dan berpenampilan rapi, juga bisa membuat kamu lebih percaya diri. Berpenampilan rapi juga membuat orang disekitar kamu merasa nyaman, terutama juga diri kamu. Selain itu, dengan penampilan yang rapi juga dapat menunjang karisma kamu dan terlihat lebih profesional dalam bekerja.

 

Melakukan Kontak Mata Ketika Berkomunikasi

 

Terkadang melakukan kontak mata saat berbicara dengan lawan bicara, semakin membuat kamu merasa canggung. Melakukan kontak mata dengan berbicara secara perlahan dapat membangun rasa percaya diri dalam diri kamu. Jika kamu tetap merasa canggung ketika melakukan kontak mata, tataplah kening diantara kedua matanya, semakin kamu terbiasa. Secara perlahan nantinya kamu tidak akan merasa canggung jika melakukan kontak mata secara langsung saat bicara.

 

Mengubah Suara Dalam Diri Kamu

 

Kebanyakan dari kita memilki suara dalam diri yang mengatakan bahwa kita tidak cukup mampu, bodoh, pendiam dan segala kekurangan yang membuat kamu menjadi kurang percaya diri. Mulailah ubah suara dalam diri kamu sebagai pendukung untuk memperoleh rasa percaya diri kamu. Pikirkanlah hal positif yang ada pada diri kamu.

 

Bicara Perlahan

 

Saat kita berkomunikasi dengan lawan bicara dan merasa canggung, bicaralah secara perlahan untuk memikirkan apa yang harus kamu katakan selanjutnya. Selain membuat lawan bicara mencerna setiap frase atau kalimat, secara perlahan kamu sudah bisa membuat situasi tidak terlalu canggung. Bicara dengan perlahan juga berguna pada saat kita melakukan presentasi, hal ini dapat membuat kamu semakin percaya diri.

 

 

 

 


tutup
Registrasi berhasil

tutup