KANDIDAT PERUSAHAAN

Tips Ampuh Biar Cepat Naik Gaji

24 Maret 2021 20:03 6157 KALI DIBACA 0 KOMENTAR 2 KALI DIBAGIKAN

Apa kamu mulai merasa gajimu sudah nggak sesuai sama beban kerja yang kamu tanggung? Mungkin saatnya untuk kamu minta naik gaji nih. Emang sih bukan perkara mudah untuk bisa naik gaji, karena kamu harus paham seberapa besar kapasitas, kontribusi dan jam terbang kamu di perusahaan tempat kamu kerja. Tapi bukan berarti hal yang mustahil juga lho kamu bisa naik gaji. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar gajimu bisa lebih baik dari sekarang nih. Yuk simak tips & trik nya!

 

Lakukan riset

Sebelum minta kenaikan gaji, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencari tau berapa rata-rata gaji untuk posisimu saat ini. Nggak perlu bingung, tinggal browsing aja di banyak situs yang memuat standar gaji sesuai posisi dan bidang kerjamu. Kamu harus tahu batas normal kenaikan gaji itu berapa yang bisa diterima si Bos, jangan sampai kamu nego di atas batas wajar.  Jangan ragu bertanya pada rekan kerjamu yang lain, yang punya jabatan setara atau bahkan lebih tinggi. Kepoin nominal gaji temanmu yang kerja di perusahaan lain juga bisa tuh. Mungkin topik gaji akan sangat sensitif bagi beberapa orang, untuk itu coba cari tahu dari rekan terdekat dulu ya!

 

Meningkatkan kompetensi

Nggak mungkin kan Boss dengan mudah menaikkan gaji kamu tanpa ada perkembangan dan kemajuan dari sisi kinerja dan hasil. Gaji itu memang penting, tapi selama bekerja kamu harus fokus untuk memaksimalkan diri di setiap tugas yang kamu emban, jangan hanya memikirkan gaji aja. Karena hasil nggak akan mengkhianati proses kok. Kalau dirasa butuh lebih banyak ilmu, kamu bisa ikut beragam pelatihan dan sertifikasi yang menunjang kompetensimu. Perlu diingat jika besarnya gaji itu setara dengan besarnya tanggung jawab yang kamu pegang. Kalau mau gaji yang besar tentu tugasmu juga semakin berat.

 

Beri tahu kontribusi kamu dan rencana ke depan

Komunikasikan pada Bos kamu, kontribusi dan kesuksesan apa aja sih yang pernah kamu raih di perusahaan. Apa yang membuat kamu layak mendapatkan gaji yang lebih besar? Jangan lupa juga kamu harus menjelaskan apa rencana dan gambaran strategi yang kamu punya untuk kemajuan perusahaan nantinya. Hal ini akan meningkatkan “nilai jual” kamu di mata Bos lho. 

 

Pahami situasi dan cara menyampaikannya

Yang terakhir kamu harus cari momen yang pas. Jangan meminta kenaikan gaji disaat situasi perusahaan sedang tidak baik, momen yang tepat semakin mempermulus jalanmu menuju kenaikan gaji nih. Misal saat perusahaan sudah mencapai target revenue, saat mood Bos lagi baik, atau saat kamu sudah berhasil menyelesaikan tugas dan target tertentu. Nggak mungkin kan saat perusahaan sedang nggak baik kamu minta naik gaji. Persiapkan juga bagaimana penyampaian pesan kamu ke Bos, usir gugup dan sampaikan dengan sopan, percaya diri, tegas dan jelas. Gestur tubuhmu juga harus diperhatikan ya!

Itulah empat cara yang bisa kamu terapkan untuk dapat kenaikan gaji. Yuk temukan tips karir lainnya di aplikasi TopKarir & download aplikasinya ya!



Komentar