Cara Menghadapi Rasa Kantuk Ketika Bekerja | TopKarir.com

Cara Menghadapi Rasa Kantuk Ketika Bekerja

13-05-2019 09:36:24

Pernah memiliki waktu senggang saat bekerja dan merasa bosan karena tidak ada tugas lagi? Pastinya rasa kantuk akan melanda dan menunjukkan kalau kita terlihat tidak professional. Yang sudah pernah memasuki dunia kerja sebelumnya pasti pernah mengalaminya juga, bahkan sering mengalaminya.

 

Hal utama yang harus diketahui Sahabat TopKarir adalah penyebab mengapa kita mengantuk saat bekerja. Apakah kurangnya waktu tidur atau terlalu lelah, perbaikilah penyebabnya mulai sekarang. Mungkin ada juga beberapa faktor yang membuat kita mengantuk, lalu bagaimana cara menghadapi nya? Mari kita simak kiatnya :

 

Sempatkan Berolahraga

 

Membiasakan diri untuk berolahraga sebelum berangkat kerja dapat melawan rasa kantuk kita. Menurut penelitian di University of Georgia membuktikan, sorang pekerja yang sering mengantuk disebabkan oleh kurangnya kebiasaan untuk berolahraga. Berolahraga membantu sistem kardiovaskular bekerja lebih baik dalam mengangkut oksigen dan nutrisi keseluruh tubuh sehingga menjadi lebih segar.

 

Mencukupi Asupan Air

 

Kurangnya asupan air dapat membuat tubuh kekurangan cairan sehingga volume darah menjadi kental, dan membuat kerja jantung memompa darah keseluruh tubuh berkurang. Sehingga menjadi lemas dan mengantuk, biasakan untuk memenuhi asupan cairan ketika bekerja.

 

Sarapan yang Sehat

 

Sarapan sangat penting sebelum kita beraktivitas dalam memulai hari, agar tubuh tetap segar dan tidak lesu. Mulailah mengkonsumsi sarapan yang sehat yang banyak mengandung zat besi, biji-bijian, protein, dan vitamin. Agar tidak kekurangan energi dan mengantuk saat bekerja.

 

Merapikan Sekitar Lingkungan Kerja

 

Mulailah dengan merapikan meja kerja yang biasa kamu hadapi, menurut studi di Princeton University, kondisi meja yang kurang rapi atau berantakan akan membuat kita mengantuk. Dan menyulitkan kita untuk fokus dan membatasi otak untuk memproses informasi. Karena sulitnya konsentrasi dalam bekerja menyebabkan timbulnya rasa kantuk. Sebaiknya rapikan tempat kerja kamu sebelum pulang kerja.

 

Jadi Pekerja yang Lebih Realistis

 

Untuk meraih kesuksesan kita harus bekerja keras. Hal ini pula yang kadang membuat kita jadi harus meluangkan waktu ekstra untuk menyelesaikan pekerjaan. Tapi menurut profesor psikiater yang berasal dari New York University, hal tersebut justru membuat kita mengalami susah konsentrasi. Hal ini dapat berujung pada menurunnya energi saat bekerja dan akhirnya jadi lebih mudah ngantuk. Karena itu sebaiknya Anda menjadi pekerja yang lebih realistis termasuk saat ada rekan kerja Anda yang meminta bantuan. Sesekali beranikan diri untuk mengatakan tidak tentu tidak ada salahnya.

 

 


tutup
Registrasi berhasil

tutup